Jumat, 08 Oktober 2010

tugas 2

1. Sebutkan dan jelaskan 3 unsur yang menyebabkan munculnya akuntansi ekonomi!
jawab:yang ke-1: keinginan manusia, keinginan manusia di sebut tanpa batas karena tidak ada habis-habisnya,yang ke-2: faktor-faktor produksi.cepat atau lambat tingkat kepuasan karena terpenuhinya keinginan manusia itu dibatasi oleh jumlah dan mutu faktor faktor produksi yang di gunakan, yang ke-3 :cara-cara berproduksi, cara pembuatan suatu barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi. tetapi persoalan barang atau jasa apa yang hraus di produksi , berapa banyak barang dan jasa yang di produksi, dan cara-cara apa yang harus di gunakan untuk memproduksinya sehingga mencapai pembiayaan.

2. apa yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial?
jawab: yang membedakan perusahaan dengan lembaga sosial terletak pada penekanan/prioritas perusaahan terhadap laba, kelangsungan hidup, dan tanggung jawab sosial. Lembaga sosial lebih menitikberatkan prioritasnya pada tanggung jawab sosial(dalam hal ini laba tidak menjadi tolok ukur keberhasilan). sebaliknya perusahaan yang beorintasi pada perolehan keuntungan, umumnya akan menfokuskan kegiatannya untuk meningkatkan nilai perusahaan sehingga mencapai maksimum.

3. Apa saja faktor yang mempengaruhi tempat dan letak perusahaan?
jawab: Tempat perusahaan di pengaruhi oleh, faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan , pelanggan,dsb.
letak perusahaan di pengaruhi oleh faktor ekonomi dan biaya.

4. tunjukkan perbedaan antara linkunagn eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha?
jawab : 1. lingkungan eksternal makro: limgkungan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.Yng termasuk lingkungan eksternal makro, yaitu keadaan alam, Polotik dan Hankam, hukum, perekonomian, pendidikan dan Teknologi, sosial dan budaya, kependudukan , hubungan internasional.
2. lingkungan eksternal mikro: lingkungan yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha. yang termasuk lingkungan eksternal mikro,yaitu pemasok/supplier, -perantara, teknologi, pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar